Asal Usul Tari Kipas Pakarena


Sejarah Tarian

Nama tarian ini adalah Tari Kipas Pakarena. Kata pakarena diambil dari bahasa setempat karena yang berarti main. Jadi, tarian ini berarti tarian sambil memainkan kipas.

Tarian ini berasal dari daerah Gowa di Sulawesi Selatan. Tari Kipas Pakarena dipercaya sebagai salah satu tarian peninggalan Kerajaan Gowa yang dulu pernah berjaya di Sulawesi Selatan. Tarian ini diwariskan turun temurun dan menjadi tradisi yang masih dilestarikan sampai sekarang.

Mitos

Menurut mitos yang beredar di masyarakat setempat, tarian ini diciptakan dari gerakan-gerakan tubuh dan kaki. Alkisah pada zaman dahulu, penghuni boting langi (Negeri Khayangan) berpisah dengan penguni lino (Bumi).

Sebelum berpisah, penghuni boting langi mengajarkan penghuni lino bagaimana cara bercocok tanam, beternak, dan berburu. Nah, gerakan-gerakan itulah oleh penghuni lino digunakan sebagai ritual untuk mengungkapkan rasa syukur mereka kepada penghuni boting langi.

Ditampilkan Saat Acara

Tari Kipas Pakarena ini ditampilkan sebagai bagian dari upacara adat. Tapi tak jarang juga tarian ini ditampilkan sebagai hiburan. Bagi masyarakat Gowa, tarian ini sebagai

Pertunjukan Tarian

Tarian ini biasanya dilakukan oleh 5 sampai 7 orang penari perempuan. Dengan menggunakan pakaian adat, para penari menunjukkan sifat perempuan Gowa yang lembut, sopan, penuh kasih, dan patuh.

Ada gerakan yang berputar searah jarum jam untuk melambangkan siklus hidup manusia. Ada juga gerakan naik turun yang melambangkan roda kehidupan yang terkadang berada di atas dan terkadang berada di bawah.

Pengiring Tarian

Tari Kipas Pakarena ini diiringi dengan permainan musik tradisional, yaitu tabuhan Gandrang Pakarena dan bunyi suling. Biasanya ada 7 orang yang memainkan alat musik tradisionalnya.

Silahkan anak-anak simak video di bawah ini agar kalian dapat lebih memahami tentang tarian kipas.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makna Sila-sila dalam Pancasila

Manfaat Tanaman Bakau

Sudut Siku-siku, Sudut Lancip dan Sudut Tumpul